Jumat, 16 November 2012

laporan praktikum biokimia



Judul Praktikum          :Praktikum  I (uji kualitatif untuk identifikasi karbohidrat  I dan II
Tanggal Prktikum        :25 september 2012
Tujuan Praktikum       :
         Safonifikasi: jika lemak dan minyak dipisahkan  dengan alkali, asam lemak             bebas, dan gliserol dilepaskan. Proses ini dikenal sebagi safonifikasi.
       Pembentukan sabun: kelebihan alkali yang bereaksi dengan asam lemak yang di lepaskan membentuk garam natrium atau kalium yang memberikan karakteristik  sabun larut dalam air tetapi diendapkan oleh penambahan NaCl berlebih. Garam magnesium dan garam kalsium tidak larut dan bila sabun di campur dengan air sudah tidak berbusa.

A.Pendahuluan
Karbohidrat sangat akrab dengan kehidupan manusia,karena karbohidrat adalah sumber energi utama manusia.Contoh makanan sehari-hari yang mengandung karbohidrat adalah pada tepung,gandum,jagung,beras,kentang,sayur-sayuran dan lain sebagainya.
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsur-unsur karbon (C),hidrogen(H),dan oksigen(O).Komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida,yaitu karbohidrat yang paling sedserhana,yang hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis.
Selain monosakarida,dikenal juga disakarida dan polisakarida.Disakarida dan polisakarida merupakan hasil dari gabungan beberapa monosakarida.Diantara contoh,polisakarida selulosa merupakan zat yang  tidak dapat diubah oleh enzim pencernaan.Meskipun demikian,selulosa memiliki peranan sangat penting bagi tubuh,yaitu sebagai zat yang merangsang dikeluarkannya enzim,memberikan rasa kenyang yang cukup,dan memadatkan feses.
Karbohidrat dapat diperoleh teutama dari padi,jagung,gandum dan biji-bijian lainnya,sagu,ketela pohon,ketela rambat,kentang dan bentul.Karbohidrat memiliki rumus umum Cn(H2O)n.Pada umumnya bahan makanan itu mengandung tiga kelompok utama senyawa kimia,yaitu karbohidrat,lemak dan protein.Karbohidrat merupakan senyawa karbon,hidrogen dan oksigen yang terdapat di alam.
Karbohidrat dikelompokkan menjadi empat kelompok penting yaitu monosakarida,disakarida,oligosakarida,dan polisakarida.Monosakarida merupakan karbohidrat  yang tidak dapat dihidrolisis dan tidak kehilangan sifat gulanya,contohnya ribosa,fruktosa dan glukosa.Disakarida merupakan karbohidrat  yang bila dihidrolisis menghasilkan dua monosakarida yang sama atau berbeda.Contohnya  sukrosa menghasilkan glukosa dan fruktosa.Oligosakarida adalah karbohidrat yang bila dihidrolisis menghasilkan tiga sampai sepuluh monosakarida.Polisakarida adalah polimer monosakarida yang memiliki bobot molekul yang tinggi dan bila dihidrolisis akan menghasilkan lebih dari sepuluh monosakarida,contohnya adalah amilum,dekstrin,glikogen,selulosa dan lainnya.

Karbohidrat memiliki beberapa fungsi penting diantaranya,adalah:
·         Sebagai sumber energi utama
·         Sebagai pembentuk senyawa kimia lain
·         Sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat
·         Sebagai senyawa yang membentuk proses berlangsungnya buang air besar
Karbohidrat mengalami pencernaan secara mekanis dan kimiawi sejak masuk ke dalam mulut sampai diusus halus.Hasilnya berupa monosakarida seperti  glukosa,fruktosa,dan galaktosa.Monosakarida diserap oleh darah  dijonjot usus halus,selanjutnya melalui vena porta hepatica dibawa ke hati.Fruktosa dan galaktosa diubah menjadi glukosa agar dapat diproses dalam
Untuk dapat menghasilkan energi,glukosa mengalami proses oksidasi.Prosesnya berlangsungnya bertahap,diawali dengan glikolisis,dekarboksilasi oksidatif,siklus krebs,dan sistem transport elektron.
B.Alat dan Bahan
Alat
Bahan
1.Tabung reaksi pyrex
1.nasi
2.rak tabung reaksi
2.umbi mentah
3.pipet tetes
3.umbi matang
4.lempeng tetes poselin
4.kentang mentah
5.penjepit tabung reaksi
5.kentang matang
6.penangas air
6.singkong mentah
7.alat pemanas (spirtus)
7.singkong matang
8.gelas ukur
8.roti dan pisang
9.pati
9.larutan iodium
 
C.Cara Kerja
Uji Iodium:
Masukkan tiga tetes larutan uji ke dalam tabung reaksi atau lempeng tetes porselin

Tambahkan tiga tetes larutan larutan iodium

Amati warna spesifik yang terbentuk,catat dan buatlah kesimpulannya




D.Hasil Pengamatan
ZAT UJI
SEBELUM DITETESI
SESUDAH DITETESI
1.nasi
2.ubi mentah
3.ubi matang
4.singkong mentah
5.singkong matang
6.kentang mentah
7.kentang matang
8.roti
9.pisang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar