RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Microteaching
Disusun Oleh :
ATEP ABDUL LATHIF FAUZI (1210206015)
Pendidikan Biologi V/A
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMAN 1 Sumedang
Mata Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester:
XI/I
Tema
: Struktur dan fungsi
jaringan
Sub Tema
: struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan
Pertemuan ke : 1-3
Alokasi Waktu
: 3 X 15 menit
Keterampilan * :
I.
Standar
Kompetensi
Memahami
Keterkaitan Antara Struktur Dan
Fungsi Jaringan Tumbuhan Dan Hewan Serta
Penerapannya Dalam Konteks Saling Temas (Teknologi Masyarakat)
II.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya,menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
III.
Indikator
Kompetensi
·
Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
·
Menyebutkan stuktur dan fungsi
berbagai jaringan tumbuhan
·
Menggambar struktur akar ,batang,dan daun
·
Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan
dikotil dan monokotil
IV.
Karakter
yang Diharapkan
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Toleransi
·
Rasa ingin tahu
·
Komunikatif
·
Menghargai prestasi
·
Tanggung jawab
·
Peduli lingkungan
V.
Tujuan
Pembelajaran
·
Membedakan berbagai jaringan penyusun organ
tumbuhan
·
Menunjukkan letak epidermis,korteks,dan stele
(silinder pusat)
·
Mendeskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan
·
Mengaitkan sifat
totipotensi jaringan dengan
teknik kultur jaringan
VI.
Materi
Ajar
·
Struktur
berbagai jaringan yang
terdapat pada tumbuhan :
1.
Jaringan
meristem
Jaringan meristem adalah jaringan
yang sel penyusunnya bersifat embrional,artinya mampu terus menerus membelah
diri untuk menambah jumlah sel tubuh.
2.
Jaringan permanen
jaringan permanen adalah jaringan yang telah mengalami diferensiasi yang
sifatnya tak dapat balik (irreversibel).
·
Struktur
mikroskopis organ tumbuhan :
1.
Akar
ü
Akar merupakan tempat masuknya air dan mineral
dari tanah menuju ke seluruh bagian tumbuhan
ü
Akar juga
berfungsi untuk melekatkan dan menopang tubuh tumbuhan agar kokoh
ü
Akar juga menjadi tempat cadangan makanan.
2.
Batang
ü
Sebagai tempat duduk daun
ü
Sarana lintasan air,mineral,dan makanan ke
seluruh tubuh
ü
Sebagai bagian penghasil alat-alat lateral
3.
Daun
ü
Berfungsi sebagai tempat pembuatan makanan
tumbuhan melalui proses fotosintesis
ü
Sebagai pernapasan melalui stomata
ü
Sebagai penguapan
·
Sifat totipotensi pada tumbuhan
o
Totipotensi adalah kemampuan suatu sel untuk
membelah dan menghasilkan individu baru.
o
Sifat totipotensi dimanfaatkan dalam aplikasi
kultur jaringan.
VII.
Metode
Pembelajaran
Kooperatif
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru menyampaikan salam, mengecek
kehadiran dan mengkondisikan peserta didik ke arah belajar.
·
Guru
bertanya/ melempar opini memancing untuk menggali
pendapat/komentar siswa
B.
Kegiatan Inti
B.1 Eksplorasi
Guru mempresentasikan materi, menjelaskan kaitan materi tentang struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan dengan kehidupan sehari-hari
B.2. Elaborasi
Siswa memperhatikan apa yang disampaikan guru
B.3. Konfirmasi
·
Guru
menjawab pertanyaan yang belum
terjawab waktu diskusi
·
Guru
memecahkan masalah
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa
C.
Kegiatan Penutup
·
Guru merangkum dan menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Memberikan tugas untuk mempelajari lembar kerja dan mencari
info tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
IX.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
·
Mengidentifikasikan berbagai jaringan
pada tumbuhan
·
Menyebutkan
struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
·
Menggambar
struktur akar,batang dan daun
·
Membandingkan struktur akar dan batang
tumbuhan monokotil dan dikotil
|
·
Jenis tagihan:
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi
|
·
Lembar penilaian hasil pengamatan
·
Soal uji kompetensi tertulis (uraian)
|
1. Jelaskan
yang dimaksud dengan jaringan meristem
2. Jelaskan
yang dimaksud dengan jaringan dewasa
3. Jelaskan
struktur dan fungsi organ tumbuhan,akar,batang dan daun
4. Jelaskan
Sifat totipotensi pada tumbuhan
|
X.
Instrumen/Soal
PG
1.Berikut ini yang termasuk jaringan dewasa adalah...
a.korteks
b.sklerenkima
c.kambium
d.palisade
e.endodermis
2.Jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan monokotil adalah...
a.endodermis
b.bunga karang
c.kaliptra
d.titik tumbuh sekunder
e.titik tumbuh primer
3.letak endodermis yang tepat adalah....
a.di antara xilem dan floem
b.di antara parenkima dan epidermis
c.diantara felem dan feloderma
d.diantara korteks dan silinder pusat
e.diantara silinder pusat dan epidermis
4.Hal yang membedakan antara batang
dikotil dan monokotil adalah...
a.adanya stele
b.ada tidaknya kambium
c.ada tidaknya skelerkima
d.ada tidaknya xilem sekunder
e.ada tidaknya gabus
5.zat yang diperoleh tumbuhan dari
udara adalah.....
a.N2 dan CO2
b.H2O dan CO2
c.MG dan CO2
d.O2 dan CO2
e.Fe dan CO2
6.Transportasi apoplas berlangsung melalui .....
a.xilem dan floem
b.korteks dan kambium
c.sitoplasma dan vakuola
d.dinding sel dan sitoplasma
e.dinding sel dan ruang-ruang antar sel
7.Jaringan primer yang akan membentuk xilem dan floem pada titik tumbuh
adalah...
a.protoderma
b.promeristem
c.prokambium
d.provaskular
e.meristem dasar
8.Jaringan primer yang akan membentuk epidermis adalah...
a.protoderma
b.promeristem
c.prokambium
d.provaskular
e.meristem dasar
9.Jaringan yang akan membentuk empulur dan korteks adalah...
a.protoderma
b.promeristem
c.prokambium
d.provaskular
e.meristem dasar
10.Tumbuhan dikotil umumnya memeiliki susunan tulang daun yang disebut...
a.menjari atau menyirip
b.melengkung atau menyirip
c.melengkung dan menjari
d.sejajar dan menyirip
e.menjari dan sejajar
Jawaban:
1.b
2.e
3.d
4.b
5.d
6.e
7.c
8.a
9.e.
10.a
Essay
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan jaringan meristem
!
2.
Jelaskan yang dimaksud dengan jaringan dewasa!
3.
Jelaskan struktur dan fungsi organ
tumbuhan,akar,batang dan daun!
4.
Jelaskan Sifat totipotensi pada tumbuhan!
·
Jawaban
1.
Jaringan meristem adalah jaringan yang sel
penyusunnya bersifat embrional,artinya mampu terus menerus membelah diri untuk
menambah jumlah sel tubuh.
2.
jaringan permanen adalah jaringan yang telah
mengalami diferensiasi yang sifatnya tak dapat balik (irreversibel).
3.
Struktur
mikroskopis organ tumbuhan :
o
Akar
ü
Akar merupakan tempat masuknya air dan mineral
dari tanah menuju ke seluruh bagian tumbuhan
ü
Akar juga
berfungsi untuk melekatkan dan menopang tubuh tumbuhan agar kokoh
ü
Akar juga menjadi tempat cadangan makanan.
o
Batang
ü
Sebagai tempat duduk daun
ü
Sarana lintasan air,mineral,dan makanan ke
seluruh tubuh
ü
Sebagai bagian penghasil alat-alat lateral
o
Daun
ü
Berfungsi sebagai tempat pembuatan makanan
tumbuhan melalui proses fotosintesis
ü
Sebagai pernapasan melalui stomata
ü
Sebagai penguapan
4.
Sifat totipotensi pada tumbuhan :
ü
Totipotensi adalah kemampuan suatu sel untuk
membelah dan menghasilkan individu baru.
ü
Sifat totipotensi dimanfaatkan dalam aplikasi
kultur jaringan.
Format
Penilaian
A.
Penilaian kognitif
NO
|
Nama siswa
|
No soal
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
B.Penilaian
afektif
Lembar pengamatan sikap siswa
Nama siswa
|
Disiplin
|
Komunikatif
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Kerja keras
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor penilaian afektif
Nilai 80-100 sangat baik (A)
Nilai 65-79
baik (B)
Nilai 40-64
cukup (C)
Nilai < 40 kurang (D)
Penilaian psikomotor
Rentang skor :
65-100
XI.
Sumber
Belajar
·
Buku Sumber
:Istamar syamsuri.2007.Biologi SMA kelas 2A.Jakarta.Erlangga
·
Alat/Media
:Power Point
Bandung,24 September 2012-09-19
Kepala Sekolah
Guru Bidang Studi
Masduki Heryana,M.M Atep Abdul Lathif Fauzi
NIP: 1210206090 NIP:1210206015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar