Kamis, 10 Juli 2014

analisis indikator variabel X dan Y



Analisis Indikator Variabel X Siswa
Angket digunakan untuk mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada materi ekosistem. Diberikan angket sebanyak 20 item kepada 30 responden dengan mengacu pada aspek yang telah ditentukan. Angket tersebut berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari lima alternatif jawaban, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-Ragu (RR), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS). Untuk memudahkan dalam perhitungan, setiap jawaban diberi skor tertentu yaitu untuk SS= 5, S= 4, RR= 3, TS= 2, STS= 1 (untuk angket positif) dan SS= 5, S= 4, RR= 3, TS= 2, STS= 1(untuk angket negatif). Dengan mengacu pada Skala Likert, maka perolehan skor skala tertinggi 20x5= 100, skor terendah 20x1= 20, penentuan rata-rata tiap indikator dengan rumus :
 
Hasil perhitungan diinterpretasikan dengan menggunakan skala 1-5, penyebarannya diurutkan sebagai berikut :
0,5........................1,5........................2,5........................3,5........................4,5........................5,5
Sangat rendah               Rendah Sedang                         Tinggi               Sangat Tinggi
1.             Perasaan Senang
Aspek ini terdiri dari 4 item pernyataan, yaitu no.1 sampai no.4. Item no.1 menyatakan”Saya mudah mengerti karena pembelajaran diawali dengan menyajikan gambar yang berkaitan dengan materi. Diperoleh 13 menjawab SS, 17 menjawab S, 0 menjawab RR, 0 menjawab TS, dan 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (13x5) + (17x4) + (0x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,4, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 - 4,5.
Item no.2 menyatakan “Saya termotivasi untuk belajar karena pembelajaran dimulai dengan mengarahkan saya untuk mengingat kembali informasi yang berhubungan dengan Ekosistem”. Diperoleh 15 menjawab SS, 11 menjawab S, 4 menjawab RR, 0 menjawab TS, dan 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (15x5) + (11x4) + (4x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,3, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.3 menyatakan “Saya bingung karena dalam pembelajaran terlalu banyak kegiatan yang harus dilakukan”. Diperoleh 8 menjawab SS, 6 menjawab S, 9 menjawab RR, 7 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (8x5) + (6x4) + (9x3) + (7x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.4 menyatakan “Saya jenuh karena dalam pembelajaran harus menuntut berpikir”. Diperoleh 6 menjawab SS, 8 menjawab S, 11 menjawab RR, 5 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (6x5) + (8x4) + (11x3) + (5x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
2.             Perhatian
Aspek ini terdiri dari 4 item pernyataan, yaitu item no.5 sampai no.8. Item no.5  menyatakan “Saya termotivasi  untuk mengetahui tentang materi ekosistem karena pernyataan guru memotivasi”. Diperoleh 15 menjawab SS, 10 menjawab S, 5 menjawab RR, 0 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (15x5) + (10x4) + (5x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,3, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.6 menyatakan “Saya senang dengan langkah-langkah yang diarahkan oleh guru karena menarik dan tidak membosankan”. Diperoleh 12 menjawab SS, 15 menjawab S, 3 menjawab RR, 0 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (12x5) + (15x4) + (5x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,3, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.7 menyatakan “Saya bingung karena pernyataan guru tidak berhubungan dengan materi ekosistem”. Diperoleh 8 menjawab SS, 8 menjawab S, 5 menjawab RR, 9 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (8x5) + (8x4) + (5x3) + (9x2) + (0x1) :30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.8 menyatakan “Saya jenuh dengan langkah-langkah yang diarahkan oleh guru karena tidak menarik dan monoton”. Diperoleh 8 menjawab SS, 8 menjawab S, 5 menjawab RR, 9 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (8x5) + (8x4) + (5x3) + (9x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
3.             Memperkecil Kebosanan
Aspek ini terdiri dari 4 item pernyataan, yaitu item no.9 sampai no.12. Item no.9 menyatakan “Saya senang karena diskusi kelompok dapat saling bertukar pikiran”. Diperoleh 12 menjawab SS, 15 menjawab S, 3 menjawab RR, 0 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (12x5) + (15+4) + (3x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,3, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.10 menyatakan “Saya dapat dengan mudah memahami dan mengingat materi yang disampaikan oleh guru”. Diperoleh 13 menjawab SS, 7 menjawab S, 10 menjawab RR, 0 menjawab TS, dan 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (13x5) + (7x4) + (10x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,1, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.11 menyatakan “Saya jenuh dan bosan karena adanya diskusi kelompok”. Diperoleh 8 menjawab SS, 10 menjawab S, 3 menjawab RR, 9 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (8x5) + (10x4) + (3x3) + (9x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.12 menyatakan “Saya sulit untuk mengingat  dan menghapal materi yang diterima hafal karena terlalu banyak yang harus dilakukan”. Diperoleh 7 menjawab SS, 9 menjawab S, 6 menjawab RR, 8 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (7x5) + (9x4) + (6x3) + (8x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
4.             Partisipasi
Aspek ini terdiri dari 4 item pernyataan, yaitu item no.13 sampai no.16.  Item no.13 menyatakan “Saya dengan mudah dapat mengerjakan Lembar kerja siswa (LKS) yang diberikan guru”. Diperoleh 6 menjawab SS, 14 menjawab S, 6 menjawab RR, 4 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (6x5) + (14x4) + (6x3) + (4x2) + (0x1) : 30 = 3,7, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.14 menyatakan “Saya dapat mengisi LKS dengan baik karena langkah kerjanya teratur”. Diperoleh 11 menjawab SS, 15 menjawab S, 3 menjawab RR, 1 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (11x5) + (15x4) + (3x3) + (1x2) + (0x1) : 30 = 4,2, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.15 menyatakan “Saya sulit dan lama mengerjakan LKS karena waktunya sebentar”. Diperoleh 8 menjawab SS, 8 menjawab S, 6 menjawab RR, 8 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (8x5) + (8x4) + (6x3) + (8x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya adalah tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.16 menyatakan “Saya sulit mengerjakan LKS karena jenuh dengan banyak tugas”. Diperoleh 10 menjawab SS, 9 menjawab S, 6 menjawab RR, 5 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya (10x5) + (9x4) + (6x3) + (5x2) + (0x1) : 30 = 3,8 kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
5.             Konsentrasi
Aspek ini terdiri dari 4 item pernyataan, yaitu item no.17 sampai no.20. Item no.17 menyatakan “Sayadapat dengan mudah  menyimpulkan karena model pembelajaran yang telah dilkukan membuat materi mudah dipahami”. Diperoleh 7 menjawab SS, 14 menjawab S, 6 menjawab RR, 3 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (7x5) + (14x4) + (6x3) + (3x2) (0x1) : 30 = 3,7, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.18 menyatakan “Saya dapat memahami soal tes dan menjawabnya dengan benar karena materi mudah dipahami dan diingat dengan model pembelajaran yang telah dilaksanakan”. Diperoleh 16 menjawab SS, 7 menjawab S, 7 menjawab RR, 0 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya (16x5) + (7x4) + (7x3) + (0x2) + (0x1) : 30 = 4,3, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.19 menyatakan “Saya sulit menyimpulkan materi karena terlalu banyak yang harus diingat”. Diperoleh 13 menjawab SS, 5 menjawab S, 6 menjawab RR, 6 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (13x5) + (5x4) + (6x3) + (6x2) (0x1) : 30 = 3,8, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.
Item no.20 menyatakan “Saya sulit  menjawab soal setelah pembelajaran karena tidak paham”. Diperoleh 6 menjawab SS, 8 menjawab S, 11 menjawab RR, 5 menjawab TS, 0 menjawab STS. Jadi rata-ratanya adalah (6x5) + (8x4) + (11x3) + (5x2) + (0x1) : 30 = 3,5, kualifikasinya tinggi karena berada pada kisaran 3,5 – 4,5.










Analisis Indikator Variabel Y
Data hasil belajar diperoleh dengan penyebaran tes objektif kepada 30 responden yang dijadikan sampel dalam penelitian. Pertanyaan yang diajukan sebanyak 20 item soal yang dikembangkan dari indikator-indikator hasil belajar kognitif yaitu : memahami (C2), mengaplikasi (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), mencipta (C6). Tes yang diberikan berbentuk pilihan ganda dengan lima (5) alternatif jawaban yaitu, A, B, C, D, E. Untuk keperluan analisisnya, menjawab benar diberi skor satu (1) sedangkan yang menjawab salah diberi skor nol (0). Untuk memperoleh proses perhitungannya adalah data berupa skor item pertanyaaan. Sedangkan penafsiran dari hasil indeks hasil belajar tersebut mengacu pada pendapat Arikunto (2009, 35), dengan kriteria :
Nilai 81 – 100 adalah baik sekali
Nilai 61 – 80 adalah baik
Nilai 41 – 60 cukup
Nilai 21 – 40 kurang
Nilai < 21 adalah kurang sekali
A.            Memahami (C2)
Dari indikator C2 diajukan 3 item pertanyaan, yaitu untuk item no.1, 3, dan 18. Dari item nomor 1, diperoleh alternatif jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 3, diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, dan item nomor 18 diperoleh 23 orang menjawab benar. Dari alternatif jawaban ketiga item nomor 1, 3, dan 18 diperoleh rata-rata , kategorinya adalah baik sekali  karena berada pada interval  81 – 100.
B.            Mengaplikasi (C3)
Dari indikator C3 diajukan 4 item pertanyaan, yaitu untuk item nomor 10,14, 19 dan 20. Dari item nomor 10 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 14 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item 19 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, dan item nomor 20 diperoleh 30 orang menjawab benar. Dari alternatif jawaban keempat item, nomor 10, 14, 19 dan 20 diperoleh rata-rata , kategorinya adalah baik sekali  karena berada pada interval  81 – 100.
C.            Menganalisis (C4)
Dari indikator C4 diajukan 5 item pertanyaan, yaitu untuk item nomor 5, 8, 12, 15, dan 16. Dari item nomor 5 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 8 diperoleh jawaban 29 orang menjawab benar, item nomor 12 diperoleh nomor 24 orang menjawab benar, nomor item 15 diperoleh jawaban 9 orang menjawab benar, dan item nomor 16 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar. Dari alternatif jawaban kelima item, nomor 5, 8, 12, 15, dan 16 diperoleh rata-rata , kategorinya adalah baik sekali karena berada pada interval 81 – 100.
D.           Mengevaluasi (C5)
Dari indikator C5 diajukan 5 item pertanyaan, yaitu untuk item nomor 2, 4, 7, 11, dan 13. Dari item nomor 2 diperoleh jawaban 26 orang menjawab benar, item nomor 4 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 7 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 11 diperoleh jawaban 2 orang menjawab benar, dan item nomor 13 diperoleh jawaban 28 orang menjawab benar. Dari alternatif jawaban kelima item, diperoleh rata-rata  , kategorinya adalah baik karena berada pada interval 61 – 80.
E.            Mencipta (C6)
Dari indikator C6 diajukan 3 item pertanyaan, yaitu untuk item nomor 6, 9, dan 17. Dari item nomor 6 diperoleh jawaban 30 orang menjawab benar, item nomor 9 diperoleh jawaban 18 orang menjawab benar, dan item nomor 17 diperoleh jawaban 10 orang menjawab benar. Dari alternatif jawaban ketiga item, diperoleh rata-rata  , kategorinya adalah kurang karena berada pada interval 21 – 40.























Tabel Rata-Rata Skor Jawaban Per-Item dan Per-Indikator Variabel X (Angket Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Advance Organizer)
No
Indikator
Item
Aspek
No
Rata-Rata
Kualifikasi
Rata-Rata
Kualifikasi
1
Perasaan senang
1
2
3
4
4,4
4,3
3,5
3,5
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Tinggi

3,9

Tinggi
2
Perhatian
5
6
7
8
4,3
4,3
3,5
3,5
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Tinggi

3,9

Tinggi
3
Memperkecil kebosanan
9
10
11
12
4,3
4,1
3,5
3,5
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Tinggi

3,8

Tinggi
4
Partisipasi
13
14
15
16
3,7
4,2
3,5
3,8
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Tinggi

3,8

Tinggi
5
Konsentrasi
17
18
19
20
3,7
4,3
3,8
3,5
Tinggi
Tinggi
Tinggi
Tinggi

3,8

Tinggi
Nilai Rata-Rata Respon Siswa
3,8
Tinggi

Berdasarkan tabel diatas diketahui bahwa nilai rata-rata respon siswa adalah 3,8 dengan kualifikasi tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada materi ekosistem berkualifikasi tinggi.


Tabel Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem
Jumlah Siswa
Rata-Rata Hasil Belajar
Keterangan
30
83,1
Baik Sekali

Berdasarkan tabel diatas, maka dapat kita ketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,1. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar (C1, C2, C3, C4, C5, dan C6) pada materi ekosistem berkualifikasi Baik sekali.